1.
Dari uraian singkat mengenai Definisi Informasi yang anda ketahui.
Kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya??
Jawab :
informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.
Untuk sebuah perusahaan, pastinya membutuhkan informasi untuk mengembangkan manajemennya dan kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya adalah sebagai
1.pengaruh ekonomi internasional.
2.persaingan dunia.
3.batas waktu yang singkat.
4.kendala-kendala sosial
Selain itu juga suatu perusahaan membutukhan informasi tentang apa yang di butuhkan oleh masyarakat/ mengutamakan kualitas dan kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen, agar produk atau jasa yang di buat atau di hasilkan/ di tawarkan oleh perusahaan tersebut dapat dipasarkan dan di terima oleh masyarakat.
Contohnya adalah perusahaan Unicore Tiens
Didirikan tahun 1995 oleh Mr. Li Jinyuan di Tianjin, China, Tiens Group Co., Ltd. (Grup TIENS) yang memasuki pasar internasional tahun 1998 berhasil didaftarkan di NASDAQ pada bulan September 2003 dan secara resmi masuk ke dalam AMEX pada bulan April 2005. TIENS adalah perusahan multinasional yang spesialis di bidang retail, pariwisata, keuangan, perdagangan internasional dan E-bisnis.
Dengan mengembangkan produk-produk makanan kesehatan, perawatan kesehatan, perawatan kecantikan, dan perawatan rumah tangga, Grup Tiens menawarkan sebuah gaya hidup berkualitas tinggi disertai kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan kepada lebih dari 12 juta konsumen di seluruh dunia.
2. Sebut dan jabarkan bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen ??
Jawaban :
Sumber yang di kelola manajemen
Kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya??
Jawab :
informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.
Untuk sebuah perusahaan, pastinya membutuhkan informasi untuk mengembangkan manajemennya dan kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya adalah sebagai
1.pengaruh ekonomi internasional.
2.persaingan dunia.
3.batas waktu yang singkat.
4.kendala-kendala sosial
Selain itu juga suatu perusahaan membutukhan informasi tentang apa yang di butuhkan oleh masyarakat/ mengutamakan kualitas dan kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen, agar produk atau jasa yang di buat atau di hasilkan/ di tawarkan oleh perusahaan tersebut dapat dipasarkan dan di terima oleh masyarakat.
Contohnya adalah perusahaan Unicore Tiens
Didirikan tahun 1995 oleh Mr. Li Jinyuan di Tianjin, China, Tiens Group Co., Ltd. (Grup TIENS) yang memasuki pasar internasional tahun 1998 berhasil didaftarkan di NASDAQ pada bulan September 2003 dan secara resmi masuk ke dalam AMEX pada bulan April 2005. TIENS adalah perusahan multinasional yang spesialis di bidang retail, pariwisata, keuangan, perdagangan internasional dan E-bisnis.
Dengan mengembangkan produk-produk makanan kesehatan, perawatan kesehatan, perawatan kecantikan, dan perawatan rumah tangga, Grup Tiens menawarkan sebuah gaya hidup berkualitas tinggi disertai kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan kepada lebih dari 12 juta konsumen di seluruh dunia.
2. Sebut dan jabarkan bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen ??
Jawaban :
Sumber yang di kelola manajemen
- Sumber daya fisik : manusia,mesin,material,uang.
- Sumber daya konseptual : informasi(termasuk data).
Peranan manajer mengelola sumber
daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari
peranan manajer maka perlu adanya usha penataan sumber daya termasuk didalamnya
manajemen informasi yakni berupa:
-Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setipa saat di perlukan dapat segera dimanfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.
-sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
-sumber daya harus selalu diperbaharui.
3. Elemen lingkungan adalah organisasi/ individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung/ tak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik.
Jawaban :
Elemen lingkungan perusahaan :
-Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setipa saat di perlukan dapat segera dimanfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.
-sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
-sumber daya harus selalu diperbaharui.
3. Elemen lingkungan adalah organisasi/ individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung/ tak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik.
Jawaban :
Elemen lingkungan perusahaan :
Data - data yang di butuhkan oleh
Perusahaan pada Pemerintah, Masyarakat Keuangan, Pemasok, Pelanggan,
Serikat Buruh, Pesaing, Masyarakat Global dan Sebaliknya.
I. Perusahaan dan Pemerintah
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada
Pemerintah, antara lain : Data UU Tenaga Kerja, Data
Peraturan Pemerintah. Sedangkan yang dibutuhkan Pemerintah pada
perusahaan, antara lain : Data Laporan Pajak, Data Jumlah Karyawan,
dan Data Kebijakan Pemerintah.
II.Perusahaan dan Masyarakat Keuangan
Data yang dibutuhkan Pemerintah pada
Masyarakat Keuangan, antara lain : Data Tingkat Suku Bunga dan Data Prosedur
Kredit. Sedangkan yang dibutuhkan Masyarakat Keuangan pada Pemerintah, antara
lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan,Data Keuangan
Perusahaan, Data Penjualan, Data Produksi.
III.Perusahaan dan Pemasok
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada
Pemasok, antara lain : Data Daftar Barang, Data Produksi, Data Harga Jual, Data
Keluar Masuk Barang, Data Kualitas Barang. Sedangkan data yang dibutuhkan
Pemasok pada Perusahaan, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Pembelian
Barang, dan Data Keuangan.
IV.Perusahaan dan Pelanggan
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada
Pelanggan, antara lain : Data Keuangan Pelanggan, Data Profil Pelanggan, Data
Daya Beli Pelanggan, Data Pribadi Pelanggan. Sedangkan data yang dibutuhkan
Pelanggan pada Perusahaan, antara lain : Data Kualitas Produk, Data Harga
Produk, Data Stock Produk.
V. Perusahaan dan Serikat Buruh
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada
Serikat Buruh, antara lain : Data Keanggotaan Serikat Buruh dan Data
Pribadi Serikat Buruh. Sedangkan data yang dibutuhkan Serikat Buruh pada
Perusahaan, antara lain : Data Peraturan Kerja, Data Upah, Data Jabatan, dan
Data Perusahaan.
VI.Perusahaan dan Pemegang Saham /
Pemilik
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada
Pemegang Saham / Pemilik, antara lain : Data Pribadi Pemegang Saham, dan Data
Investasi Pemegang Saham. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemegang Saham pada
Perusahaan, antara lain : Data Laporan Keuangan, Data Pemegang
Saham, Data Pangsa Pasar, dan Data Profil Perusahaan.
VII.Perusahaan dengan Masyarakat Global
( Bisnis )
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada
Masyarakat Global, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas
Perusahaan, dan Data Perjanjian Kerjasama. Sedangkan data yang dibutuhkan
Masyarakat Global pada Perusahaan, antara lain : Data Audit Internal, Data
audit Eksternal, Data Administrasi, Data Legalitas Perusahaan, Data Profil
Perusahaan.
VIII.Perusahaan dan Pesaing
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada
Pesaing, antara lain : Data Penjualan Pesaing, Data Sumber daya Manusia
Pesaing, Data Sumber Daya Sistim pesaing dan Data Informasi Dari Customer
tentang Pesaing. Sedangkan yang dibutuhkan Pesaing pada Perusahaan, antara lain
: Data Profil, Data SDS, Data SDM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar